Dawud Abd's Weblog

Never Ending Learning

More About Me...

blank

Another Tit-Bit...

blank

Perlunya Web Statistik

Web statistik diperlukan bukan hanya sekedar untuk mengetahui jumlah kunjungan, halaman yang diakses, tetapi juga sebagai alat bantu untuk mengetahui perilaku manusia yang mengunjungi website kita. Banyak sekali informasi yang dapat kita tangkap mulai dari jumlah pengunjung, lama kunjungan, jumlah halaman yg di kases, dari mana asal (negara maupun kota), kata kunci apa saja yang banyak di cari, halaman apa saja yg paling banyak diminati, dll.

Ada dua macam pengunjung untuk website kita yaitu manusia dan robot. Manusia tentulah target yang kita inginkan , semakin banyak pengunjung semakin besar pula peluang bisnis yang kita dapatkan dari webstore kita. Sedangkan robot adalah aplikasi web yang berkunung dengan sengaja untuk mengekstrak data. Sering juga disebut dengan bots.

Bots sendiri ada 3 jenis. Pertama adalah bots baik, yaitu bots yang mengikuti protokol yang disediakan oleh web statistik, dikenali sebagai pengunjung bukan manusia. Kedua adalah bots jahat yang memperkenalkan diri sebagai bots, bisa menyamar sebagai manusia, sehingga oleh statistik dicatat sebagai pengunjung manusia. Bots ini sering ditemui pada blog, bisa datang hanya dalam tempo sekian detik untuk mengisi komentar atau buku tamu, yang biasanya berisi promosi dan spam. Terakhir yaitu fraudent clicks, adalah mesin yang mampu mengklik sebuah banner tanpa henti. Biasanya yang jadi korban adalah pemilik banner yang memasang banner di sebuah situs web dan membayar berdasarkan jumlah klik, misalnya iklan Pay Per Click di google dsb.

Ada banyak website yang menyediakan statistik gratis untuk website kita, diantaranya histats.com, ritecounter.com, okcounter.com, motigo.com, statcounter.com dsb.
Bagi yang punya account gmail, bisa langsung pake Google Analytics. Statistic Tracker milik Google. Cukup powerful bagi para webmaster atau skedar untuk mreview blog Anda. Displaynya baik grafik, diagram dan map-nya sangat menarik, namun page loadnya agak lama. Kalau saya sendiri prefer dengan Statcounter, meski tampilannya sederhana, tapi menu dan fiturnya lengkap dan lebih cepat akses untuk mmbukanya.

Web statistik jelas sangatlah diperlukan di dunia online marketing, paling tidak untuk mengukur tingkat optimalisasi internet marketingnya. Untuk advertising pun bagi para calon advertiser, akan mmperhatikan lebih dulu tingkat visitor, dan page view atau impression-nya. Jadi bukanlah hit yang dijadikan acuan tingkat trafic sebuah website, tapi visitor dan impression (page view).

2 comments:

  1. Anonymous said...
     

    apa yang saya cari, terima kasih

  2. Packaging services companies in Pune said...
     

    nice posting..........its always great reading such posts, this post is good in regards of both knowledge as well as information.

Post a Comment