Dawud Abd's Weblog

Never Ending Learning

More About Me...

blank

Another Tit-Bit...

blank

Personality Inventories

Seringkali, beberapa teman saya beranggapan bahwa saya adalah tipikal pribadi yang introvert, namun temen-temen saya yang sdh akrab menyangkal karena menurutnya, saya justru berkarakter lumayan extrovert. Berawal dr beberapa point of view tersebut, saya mencoba menggalinya dengan mensarikan bukunya Noe tentang The Five Major Dimensions of Personality Inventories.

Menurutnya ada lima karaketristik utama pada pribadi seseorang, yaitu:
1. Extroversion (mementingkan hal-hal lahiriah)
Yaitu orang yag mempunyai ciri-ciri karakter sociable (peramah dan suka bergaul), gregarious (suka berteman, berkumpul, berinteraksi dan berorganisasi), assertive (tegas), talkactive (aktif berbicara) dan expressive
2. Adjustment (menyesuaikan diri dengan keadaan sekitarnya)
Orang seperi ini biasanya berkarakter tenang, santai, emotionally stable, nondepressed, secure (merasa aman dan terjamin) dan content (merasa senang dan puas dengan apa yang sudah diraih)
3. Agreeableness (ramah dan menyenangkan)
Pribadi yang courteous (sopan santun), trusting (penuh kepercayaan), good-natured (berbudi pekerti dan baik hati), tolerant (sabar dan bersikap toleran), cooperative (bisa bekerjasama dengan baik), dan forgiving (pemaaf atau mudah memaafkan)
4. Conscientiousness (waspada dan berhati-hati)
Karakter yang dependable (dapat dipercaya dan diandalkan), organized (mampu mengatur atau mengorganizir), persevering (tekun), through dan achievement-oriented (berorientasi pencapaian hasil)
5. Inquisitiveness (ingin tahu)
Personality yang curious (mempunyai rasa keingintahuan yang lebih), imaginative (mudah berimaginasi), artistically sensitive (lumayan peka), broad-minded (luas pendirian) dan playful (suka bermain, melucu atau humoris)

Nah, dari 5 dimensi diatas, ternyata terdapat karakteristik extrovert, bahkan dalam penjelasannya cukup mencolok perbedaannya dengan 4 karakter selanjutnya sehingga bisa dengan mudah mengidentifikasinya. Sedangkan introvert tidak terklasifikasi dengan jelas, walau mgkn bisa dimasukkan adjustment atau agreeableness. Seseorang yang introvert disuatu kesempatan bisa saja berubah menjadi extrovert, begitu juga sebaliknya. Jadi introvert-extrovert bukanlah baik atau buruk, tidak extremely bertolak belakang seperti cerewet dan pendiam dan tidak bisa dengan mudah disederhanakan sebagai proaktif-pasif.
Kepribadian memang suatu yang bias. Orang yang dikenal baik, ramah dan penuh kasih sayang, tiba-tiba tega membunuh orang. Seorang panutan warga tidak disangka-sangka ternyata melecehkan anak dibawah umur. Atau sebaliknya seorang preman ternyata gemar bersedekah. Memang tidak ada yang aneh di jaman sekarang.. Sebelum mengenali kepribadian seseorang, coba kita fahami kepribadian kita sendiri. Bisa saja kita mempunyai pribadi yang melebar dan susah ditebak. Asal kita tidak suka berdiri sebagai pribadi yang bukan diri kita sebenarnya. Munafik.. itulah julukan yang sering diberikan pada orang yang bermuka dua.
Jadi, cenderung masuk karakteristik pribadi yang mana..itulah anda..pribadi yang memang tidak ada duanya di dunia ini..

4 comments:

  1. pjb2 said...
     

    ga mentang2 krjnya di bagian inventory loh.. hehe..

  2. masdawud-de'rini said...
      This comment has been removed by a blog administrator.
  3. sari n said...
     

    klo saya kira2 masuk yg mana?

  4. dawud abd said...
     

    hmmm... masuk smuanya deh kaya'nya..hehe abs susah jg ditebak.. instropeksi sendiri aja deh ;-)

Post a Comment