Dawud Abd's Weblog

Never Ending Learning

More About Me...

blank

Another Tit-Bit...

blank

Self Esteem (III)

Tulisan ini menyambung dua posting setema sebelumnya.
Seperti pada posting sebelumnya, ternyata memang benar bahwa ada dua karakter yang berbeda pada manusia perihal bagaimana pribadi membentuk harga dirinya masing-masing. Pakar psikologi menyebutnya ada pribadi dengan harga diri yang kuat (strong self esteem) dan juga ada yang lemah (weak self esteem).
Ciri pribadi dengan strong self esteem adalah mampu tampil percaya diri (self confidence) di setiap kesempatan. Dia juga mensetting hidupnya secara komprehensif untuk mencapai tujuan tertentu demi masa depan yang lebih baik (goal oriented). Selain itu, pribadi tersebut mampu menunjukkan sikap penghargaan terhadap orang lain seperti menghargai pada diri sendiri (appreciative) dan juga bisa merasa puas dan senang pada apa yang sudah didapat (contented).
Sedangkan ciri pribadi yang weak self esteem adalah sebaliknya. Dia selalu mudah mencela orang lain (critical) yang kadang hanya untuk menutupi bahwa dia juga lemah, tidak mampu dan tidak lebih baik. Orang seperti ini kadang justru susah menerima kritikan orang lain. Dia juga terkesan tidak sosialis atau sering mementingkan diri sendiri (self centered). Dia juga mudah sinis, iri dan bahkan mudah mengolok-olok pada apa yang didapat orang lain (cynical). Serta ada juga yang malu-malu dalam bersikap atau mengemukakan pendapat (diffident).
Mungkin dari pemetaan diatas, kita masih belum dapat memastikan dimana sebenarnya level sikap kita atsa harga diri. Mungkin Anda merasa bukan sebagai pribadi yang lemah, namun anda juga tidak yakin sudah mempunyai strong self esteem. Jangan menyalah artikan bahwa pribadi dengan harga diri kuat adalah orang yang sombong, eksklusif maupun sok jaim-jaga image. Namun pribadi yang bisa menilai dan lebih menghargai dirinya untuk mencapai pribadi yang terbaik dalam setiap bertindak, baik untuk diri sendiri maupun ornag lain. Dibawah ini adalah kiat-kiat untuk membangun dan mengembangkan sikap atau penilaian kita atas harga diri yang dapat disingkat sebagai GROWTH.
1.Goal setting (punya tujuan atau arah yang jelas dalam setiap bertindak)
2.Risk Taking (berani mengambil dan menghadapi resiko, sehinggo resiko tidak lagi bernilai sebagai penghambat namun sebagai tantangan, dan sekaligus sebagai oppportunity)
3.Opening up (membuka diri contohnya dengan sharing, inilah bukti bahwa pribadi seperti ini bukan orang yang eksklusif)
4.Wise-choice making (mampu mengambil keputusan sebijak mungkin dengan memperhatikan berbagai pertimbangan dan sudut pandang masalah)
5.Time sharing (berjalan sesuai dengan waktu, bisa fleksibel menghadapi perubahan waktu)
6.Healing (kiat terakhir yang berarti penyembuhan ini adalah dengan car komitmen dan thankful atau penuh rasa syukur dan yakin atas qodar dari Alloh).
Dari beberapa kiat diatas ditambah upaya mengurangi sikap yang mencirikan weak self esteem, tentunya diharapakan kita mampu menjadi pribadi-pribadi yang lebih percaya diri pada kemampuan sendiri. (disarikan dari CAI)

2 comments:

  1. n32a said...
     

    kemana aja ga pernah keliatan?sibuk banget!apa ada target yang harus di
    kejar?Good luck y,lancar barokah deh.Amiiiiiiiiiiiiiin 354X

  2. n32a said...
     

    kemana aja ga pernah keliatan?sibuk banget!apa ada target yang harus di
    kejar?Good luck y,lancar barokah deh.Amiiiiiiiiiiiiiin 354X

Post a Comment