Dawud Abd's Weblog

Never Ending Learning

More About Me...

blank

Another Tit-Bit...

blank

Jadilah Keledai, Kuda atau Zebra

Untuk berbisnis disaat pasar bisnis yang terus berkembang dan inovatif, perlu banyak strategi untuk tetap bertahan dan terus maju. Produk, jasa atau layanan yang kita tawarkan harus memiliki nilai yang berbeda atau bernilai lebih dibanding kompetitor sejenis. Minjam istilah orang marketing yaitu harus memiliki unique selling point (USP).

Bagi yang akan dan sedang memulai bisnis, perlu juga dari awal memikirkan dan menyiapakan konsep differensiasi. Differensiasi merupakan jenis positioning yang memnag identik dengan upaya untuk meraih dan merebut pasar, tidak hanya sekedar untuk bermain dan membidik ceruk pasar (niche market).

Ada tiga konsep menjadikan bisnis menjadi besar dan bahkan menjadi market leader, yaitu Pertama, atau Terkuat atau Terbeda. Inilah sebenarnya arti dari subject email diatas. Keledai mnrt sejarahnya adalah yang pertama (first mover) untuk jenis ini. Kuda identik dengan hewan yang kuat hingga muncul satuan Horse Power (HP). Sedangkan zebra tampil beda dengan warna garis hitam putihnya.

Zebra adalah lambang untuk differensiasi. Dan sepertinya usaha yang paling terbuka luas saat ini adalah yang "berbeda". Karena untuk jadi yang pertama, Anda harus memiliki produk atau system yang inovatif dan belum pernah ada sebelumnya. Dan untuk menjadi yang Terkuat, Anda butuh proses, system dan terutama yaitu capital yang besar. Nah untuk menjadi berbeda saya pikir adalah yang paling achieveble, terutama untuk yang masih tahap merintis bisnis. Differensiasi menjadi topik utama bila bisnis kita termasuk market follower. Ada banyak hal upaya differensiasi a/l: Cloner, Imitatator dan ada juga Adapter. Meski tentunya produk kita tidak semata2 meniru orang. Meski hampir sama pun itu syah1 saja, wong sama2 menjepemput rizki. (asal ga melanggar HAKI aja, copy right maupun trade mark)

Jika produk dan jasa yang anda jual sekarang banyak ditemukan ditempat lain, jangan kuatir, Pasti banyak celah untuk membuat produk Anda menjadi berbeda di mata konsumen Anda. Mgkn phsiycaly produk Anda yang anda bikin beda, packagingnya, pemasarannya, distribusinya, layanan Anda, dlsb. Jika bisnis Anda masih sekarang stagnan, coba koreksi dan benahi, pasti masih banyak yang bisa diimprove. Jangan pernah menyerah untuk berhasil. Salam sukses.

0 comments:

Post a Comment