Dawud Abd's Weblog

Never Ending Learning

More About Me...

blank

Another Tit-Bit...

blank

Meta Search Engine

Suatu saat mungkin Anda pernah merasa kurang puas dengan hasil pencarian dari salah satu search engine favorit Anda. Hingga Anda mencoba berpaling ke search engine lain atau directory yang juga memiliki fasilitas search engine. Atau Anda seorang webmaster atau sekedar mengelola blog, hingga Anda kadang mencoba beberapa keyword untuk mengecek posisi web/blog Anda pada beberapa mesin pencari sekaligus.

Bila Anda menggunakan fasilitas pencarian dan tidak ingin repot-repot membuka banyak search engine, Anda bisa menggunakan Meta Search Engine hinga cukup membantu efektifitas Anda berselancar di dunia maya. Ada beberapa Meta Search Engine yang pada dasarnya mereka sendiri tidak mempunyai database, dalam setiap pencarian mereka hanya menelusuri database-database beberapa search engine yang mereka ajak kerjasama dan menyusun kedalam suatu peringkat hasil pencarian dengan teknologi mereka sendiri.

Beberapa Meta search engine antara lain adalah www.dogpile.com yang merangkum database dari Google, Yahoo, MSN, Looksmart dan Ask Jeeves (Teoma). Yang lain adalah www.surfwax.com yang memberikan hasil lebih optimum untuk pencarian-pencarian yang berhubungan dengan knowledge, research dan tentang scientific. Kemudian ada www.copernic.com yang mengusung tagline sebagai More than a Simple Web Searc Engine. Mari sekali-kali kita gunakan meta search engine ini, barangkali akan memberikan suasana baru bagi dunia pencarian Anda.


0 comments:

Post a Comment