Dawud Abd's Weblog

Never Ending Learning

More About Me...

blank

Another Tit-Bit...

blank

Mampir di Galabo


Minggu kemarin kebetulan bisa sempet mampir di Galabo, Gladag Langen Bogan di Jalan Mayor Sunaryo Solo. Galabo adalah salah satu hasil dari usaha walikota Solo, Jokowi, dalam tekadnya membangun kembali kebesaran citra kota Solo, yang salah satunya lewat media pusat kuliner. Galabo diharapkan bisa menjadi pusat jajan malam di Solo berstandar Internasional, meski dasarannya model pedagang kaki lima (PKL) atau lesehan.

Menurut Jokowi, keberadaan Galabo tidak hanya menjadi tujuan wisata kuliner bagi masyarakat Solo dan sekitarnya. Namun sudah menjadi tujuan para pejabat yang pulang maupun kunjungan kerja di Solo. Beberapa tamu hotel berbintang maupun tamu Pemkot juga disarankan ke Galabo jika akan makan malam atau sekedar jajan malam. Termasuk pas saya berkunjung kesana, beneran bahwa Jokowi selalu mengajak tamu-tamunya untuk menikmati indahnya malam di Galabo. Terlihat bahwa Jokowi memang bangga dengan keberhasilannya menyatukan banyak pedagang. Dan hasilnya sudah terasa bahwa hampir setiap malam, tempat ini selalu rame dikunjungi pembeli.

Kepemimpinan Jokowi sebagai walikota Solo sangat terasa perbedaanya khususnya di bidang penumbuhan ekonomi UKM. Dimana salah satu dari beberapa langkah utamanya adalah membangkitkan kembali sektor kuliner jajanan tradisional. Juga membuat program mengajak siswa turun ke pasar-pasar tradisional agar mereka mengenal dan mencintai pasar tradisional. Hal ini memperkuat kenyataan bahwa bila seorang pengusaha menjadi pejabat tentu aroma peningkatan ekonomi kerakayatan serta pemberantasan pengangguran akan terasa lebih kental ;-)

0 comments:

Post a Comment