Dawud Abd's Weblog

Never Ending Learning

More About Me...

blank

Another Tit-Bit...

blank

Search Engine Terbaru Cuil.com

Barangkali Anda sudah terbiasa menggunakan Google maupun Yahoo untuk memulai berselancar di dunia maya. Namun tidak ada salahnya Anda mencoba Search Engine terbaru ini di www.cuil.com. Menurut pendirinya Cuil adalah pelafalan dari kata "Cool".


Search Engine ini dibuat oleh eks Googler atau mantan pegawai Google yaitu Tom Costello dan Anna Patterson. Cuil menyebut dirinya sebagai Search Engine terbesar di dunia. "Welcome to Cuil—the world’s biggest search engine. The Internet has grown. We think it’s time search did too" begitulah welcome message yang tertulis di info webnya. Sampe saat artikel ini ditulis, Cuil mengaku sudah mengindeks 121,617,892,992 web pages. Tiga kali lebih besar dari search engine lainnya.

Cuil.com memakai background hitam seperti versi blacknya Google di blackle.com. Search Engine ini mengkombinasikan web index dengan metode relevansi content-based. Jadi inovasi teknik pencariannya yaitu menganalisa content atau isi per halaman dan konsep dalam setiap query, bukan lewat analisa link dan traffic rank-nya atau popularitas-nya seperti yang dipakai Google.

Yang membedakan Cuil denagn search engine lainnya adalah penyajian hasil pencarian yang disajikan dengan cool seperti layout majalah yang memisahkan judul dan isi beserta gambarnya. Layout bisa dipilih dua kolom atau tiga kolom sesuai yang kita inginkan. Fitur lebih yang diberikan Cuil antara lain Drilldown dan Roll-over definitions untuk mengexplore lewat kategori pencarian. Kemudian kemungkinan munculnya Tabs untuk memsisahkan hasil pencarian, serta Search Term atau Navigation Suggestion yang memudahakan dan mempercepat dalam memasukkan keyword pencarian. Keterangan fungsi fitur-fitur ini bisa dilihat lebih detil di http://www.cuil.com/info/features.

Dari kecepatan akses memang boleh dibilang bagus untuk tampilan se"cool" Cuil. Namun poin penting sukses tidaknya search engine tentunya adalah relevansi hasil pencarian. Dan kesimpulan saya mencoba Cuil, masih kurang memuaskan tingkat relevansi hasilnya. Namun cukup memberikan sensasi yang berbeda dalam berselancar. So, silahkan mencoba, tertarikkah Anda untuk permanen menggunakan Cuil.com?

1 comments:

  1. umi rina said...
     

    Betul, hasilnya masih kurang memuaskan ya...

Post a Comment