Dawud Abd's Weblog

Never Ending Learning

More About Me...

blank

Another Tit-Bit...

blank

Self Esteem (II)

The degree to which people like or dislike themself. Itulah definisi self-esteem. Self esteem sangat dipengaruhi dengan self respect, sebuah penilaian dan rasa hormat dari orang lain yang sering kita jadikan parameter tentang value pribadi kita. Self esteem terbentuk dari self image dan self confident. Yaitu sebuah kondisi image dan confident yang kita set maupun kita harapkan menjadi characteristic kita. Kadang tidak kita sadari, harga diri seolah-olah bergeser. Ini dipengaruhi tingkat kesan dan kepercayaan diri yang fluctuative pada suatu situasi, kondisi maupun komunitas.
Ada tiga penilaian sebuah harga diri dari sudut pandangnya. Yang pertama adalah reality self, merupakaan fact value atau nilai diri kita yang sebenarnya. Kemudian ideal self, sebuah kondisi yang menjadi bayangan dan impian yang diinginkan, biasanya adalah sebuah dream figure yang tentunya lebih baik. Dan yang terakhir adalah social self, sebuah pandangan atau penilaian orang lain pada diri kita. Social self seringkali berbeda-beda, namun yang pasti adalah menjadi pandangan yang lebih obyektif yang memberi penilaian pada point-point yang sering tidak kita sadari dan sulit kita akui.
Untuk memanage harga diri, kita harus menyadari reality self, mempertimbangkan social self dan tetap berupaya mencapai titik ideal self. Jangan sampai muncul gap maupun discrepancy yang terlalu lebar antara diri kita yang sebenarnya dengan apa yang kita inginkan.
Salah satu hal yang sangat dominan mempengaruhi harga diri adalah mulut atau perkataan. Seringkali mulut dianggap lebih tajam dari pisau. Karena mulut mampu merobek-robek hati dan perasaan orang lain jika tidak kita jaga. Benar orang jawa bilang, "Ajining diri gumanthung ana ing lathi, ajining raga gumanthung ing busana"

Category: Motivation

2 comments:

  1. Anonymous said...
     

    emang.. banyak orang keblinger ngejar figur ideal yang diingini sampe ngorbanin harga diri

  2. Anonymous said...
     

    gimana ngitung personal esteem degree ya?

Post a Comment