Dawud Abd's Weblog

Never Ending Learning

More About Me...

blank

Another Tit-Bit...

blank

Case of Raju

Sedih juga kalo kita punya anak, adik atau saudara yang mengalami nasib seperti Raju. Bocah yang berumur 8 thn dan masih duduk di bangku kelas 3 SD ini harus mendekam di penjara 15 hari karena dianggap menganiaya teman mainnya karena diejek.
Dalih demi penegakan hukum di Indonesia rasanya masih kurang tepat bila masih tanpa memperhitungkan nilai-nilai moral dan sosial. Apalagi kenyataannnya dua keluarga yang terlibat sudah berdamai, ikhlas dan tanpa ada lagi pengaduan hukum. Banyak komentar para guru besar hukum dan psikolog yang menyayangkan proses pengadilan tersebut, karena selain masih dibawah umur juga dianggap akan merugikan masa depan Raju dan bahkan bisa menimbulkan stigmatisasi bahwa masa depannya sudah hancur lebih awal.
Melihat dari kacamata hukum islam, pihak yang teraniaya atau terbunuh punya hak untuk mengqisos pihak yan menganiaya atau membunuh tanpa mendzalimi dan israf (melebihi batas), membunuh anggota keluarganya yang lain misalnya. Namun apabila islah bisa terwujud tanpa proses qisos, tentunya itu sangat lebih baik dan mulia bagi pihak yang mau tabah menerima musibah. Perasaan ketidakadilan bisa menimpa siapa saja. Karena pada dasarnya hukum yang dibuat manusia tidak akan pernah seadil hukum Alloh.. Bukankah begitu?

Category: Opini

2 comments:

  1. adi rakhman said...
     

    jgn sok sucilah begitu juga pasti doyan prostitusi dan kanca-kancanya sudah ada sejak prasejarah. jadi mungkin agak sulit untuk bersihkan. lihat saja tkw indonesia bisa pulang bawa anak dari arab tempat kelahiran para nabi...???

  2. owner said...
     

    loh... salah nempatin comment nih den..

Post a Comment