Dawud Abd's Weblog

Never Ending Learning

More About Me...

blank

Another Tit-Bit...

blank

Self Esteem

Sebuah Penghargaan seringkali menimbulkan pro dan kontra. Karena kadang seseorang dianggap kurang atau belum sepantasnya meneriwa award tersebut. Sebuah Penghargaan seringkali menjadi acuan dan motivasi untuk diraih sebagai hasil prestasi dan akan menjadi kepuasan tersendiri. Karena pada dasarnya manusia memang senang mendapat pujian dari orang lain. Namun sebenarnya ada yang lebih mendasar lagi, yaitu penghargaan pada diri sendiri.
Self appreciation bukanlah akar dari kesombongan, dan tidak ada kaitannya dengan paham narsis (narcissism : kecintaan pada diri sendiri yang berlebihan) dan tidak bertentangan dengan sifat humble atau kerendah hatian. Namun sebuah penilaian yang wajar dan jujur pada diri sendiri yang bermuara pada confident level. Self esteem akan menuntun kita dimana dan seperti apa kita harus memposisikan diri kita dalam setiap langkah.
Tidak menghargai diri sendiri adalah sebuah kelemahan yang mendasar pada diri manusia. Kadang seseorang yang pernah mengalami penghinaan, pelecehan, agitasi, dan traumatic yang mendalam bisa menjadikan seseorang merasa priceless dan sadar maupun tidak sadar mensetting dirinya dengan kondisi tersebut. Bahkan terkesan mudah apriori dengan manganggap orang lain akan menilainya valueless.
Yah.. salah besar kalau ada pribadi yang larut dalam under estimated pada diri sendiri. Berbenahlah yang seharusnya dilakukan. Refresh the life dengan sebuah penilaian dan pemikiran-pemikiran baru. Bagaimana mungkin orang lain akan menghargai dan menilai lebih seseorang, jika orang tersebut tidak menghargai diri sendiri. Be your self by apreciate your self..!

1 comments:

  1. Anonymous said...
     

    self-estemnya dah ta baca bos.. ceritanya mo nyindir nih... Ya gpp deh,ajkh ya..

Post a Comment